Selasa, 31 Maret 2015

Deskripsi H-64: Soal



Apa pun yang mampir dalam pikiran, itulah yang ia tulis. Mengenai kualitas tulisan tidak jadi soal yang penting kuota terpenuhi. Kursus menulis online ini memang perlu konsentrasi serta kesabaran ekstra. Dan idealisme untuk langsung menulis sesuatu yang hebat hanya akan menciptakan masalah baru. Masalah yang paling nyata ialah: tulisannya nggak kelar-kelar! 

Tidak setiap hari ia bisa menulis. Persoalannya terkadang pikiran mandek, tak bisa diajak kerja sama. Kalau tidak ada ide tak bisa dipaksakan. Lebih baik melakukan hal lain, siapa tahu dapat inspirasi. Di lain waktu, ilham bisa mengalir begitu deras sehingga tercipta beragam jenis tulisan. Pada saat inilah ia berusaha menulis sebanyak mungkin. 

Permasalahan kesibukan membuatnya tak sempat mencermati aturan tata bahasa seperti yang dijelaskan dalam buku. Namun, ia tak terlampau merisaukan hal itu. Toh saat jadi penulis nanti editor lah yang akan mengurusnya. Sudah ada jawaban. Lebih baik membaca buku dari beragam genre. Dengan demikian ia akan terlatih memiliki banyak sudut pandang dan jawab beragam tantangan dalam dunia kepenulisan. Akan tetapi, ia sebenarnya berharap suatu hari nanti memiliki kelonggaran waktu untuk mempelajari aturan tata bahasa tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar