Sabtu, 11 April 2015

Deskripsi H-75: Interaksi

Kucing ialah salah satu spesies hewan yang paling sukses dalam menjalin interaksi dengan manusia. Salah satu bukti terkuat ialah keberlangsungan hidup spesies mereka yang diperkirakan berjumlah sekitar 1,5 milyar di muka bumi saat ini. Secara kasat mata, mereka hidup bebas berkeliaran di jalan maupun perkampungan. Banyak di antaranya diadopsi manusia hingga tumbuh dan besar menjadi kucing domestik yang manja dan menggemaskan. Isolasi dari manusia adalah hal mustahil karena kucing adalah humans animal. Cara mereka berinteraksi membuat orang mudah menjadikannya sahabat.
Tidak seperti kerabat lain yang masih satu genus (di antaranya macan tutul dan macan kumbang) yang memilih hidup terisolasi di hutan dan pegunungan, kucing memilih untuk bermukim bersama manusia. Mereka bergaul, makan dan tidur dengan manusia.
Ada hubungan unik antara kucing dengan manusia. Sifat apik, ukuran yang sedang serta relatif tidak berbahaya, bentuk dan warna bulu yang memikat serta suaranya yang manis membuat manusia senang berhubungan dengan mereka. Tidak seperti tikus yang senang berada di tempat kotor, kucing ialah hewan yang tergolong bersih sehingga mudah disukai manusia. Selain itu, kejar tikus pun menjadi kegiatan yang ia sukai. Ini mengurangi kemungkinan buruk tikus menyebarkan penyakit pada manusia.
Sebuah kisah menarik tentang kucing berasal dari sebuah wilayah di Afrika. Suatu hari kucing berpikir: dengan siapakah ia harus bersahabat agar dapat hidup aman? Ia pun mencoba besahabat dengan kelinci. Namun kelinci mati diseruduk tanduk rusa. Lalu, kucing pun bersahabat dengan rusa. Sayangnya, kemudian rusa mati diserang macan tutul. Setelah bersahabat dengan macan tutul eh malah dikalahkan singa. Kemudian, singa pun dikalahkan oleh gajah. Karena beranggapan bahwa gajah itu besar dan kuat, kucing berpikir tidak akan ada yang mengalahkannya. Anggapan itu meleset. Ternyata seorang pemburu berhasil menembak mati gajah! Akhirnya, ia pun mengikuti pemburu pulang ke rumahnya. Saat itulah, sang pemburu terbirit-birit dikejar istrinya yang memegang sendok bubur besar. Kucing terkejut, ternyata makhluk terkuat di dunia adalah wanita! Sejak saat itulah kucing hidup di rumah mengikuti makhluk paling perkasa di dunia. Dengan kata lain, kita tak perlu heran melihat betapa gemarnya kucing berdiam di dapur menunggui ibu-ibu yang sedang memasak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar